Rabu, 10 September 2014

Cara Aman Menggunakan Media Sosial

Masih hangat di telinga bukan berita mengenai seorang mahasiswa yang dibully di media sosial gara-gara menghina salah satu kota di Jawa. Dengan kejadian tersebut, akan saya ulas mengenai cara aman menggunakan media sosial. Dengan adanya informasi ini, diharapkan tidak akan ada lagi kejadian yang sepeti itu lagi di negara kita. Kita kan tau sendiri kalau Indonesia sendiri mempunyai semboyang Bhineka Tunggal Ika, berbeda tetap satu jua. Jadi meskipun kita berbeda wilayah, agama, suku, atau yang lain, kita harus tetap menghargainya. Langsung saja ya kawan, biar nggak lama-lama dan nggak berebet kemana-mana, yuk kita simak bareng-bareng.

Kebebasan berekspresi merupakan hak seluruh warga negara, tapi yang perlu diingat kawan-kawan adalah harus tetap mengenal batasan-batasannya termasuk dalam dunia maya seperti halnya saat kita menggunakan media sosial. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Nukman Luthfie selaku pakar media sosial, yang menyatakan bahwa netizen harus tetap memperhatikan etika-etika/aturan-aturan yang tidak secara tertulis yang telah disepakati bersama, termasuk soal menyalurkan kemarahan di media sosial.

Dengan berkaca pada kasus Florence, Nukman mengatakan bahwa jika ingin menggunakan media sosial maka para pengguna harus peka terhadap lingkungan sekitarnya. Karena kita sendiri mempunyai etika yang kita sepakati, ada juga hukum-hukum sosial meskipun tidak tertulis, seperti halnya di offline, kita tidak boleh membentak karyawan di depan umum. Sama halnya di online, kita tidak boleh menghina orang. Jika memang para netizen ingin bebas berekspresi, mereka tentunya harus siap dengan konsekuensinya. Nukman juga menambahkan, media sosial merupakan ruang publik dan ada banyak orang yang menggunakan layanan tersebut. oleh karena itu, jika ada seseorang yang tidak peduli dengan etika dan berperilaku tidak etis, maka mereka harus siap menghadapi akibatnya yaitu di bully  di dunia maya. Dia juga menghimbau kepada para pengguna media sosial supaya hati-hati dalam menggunakan media sosial. Baik offline maupun online, para pengguna harus tetap menjaga sikapnya.

Gimana kawan??? Dengan adanya peringatan yang berupa informasi ini, semoga bisa bermanfaat bagi kawan semua dan mau menjaga sikap kapan saja dan di mana saja. Izin promo ya kawan, ini ada salah satu perusahaan terbaik di Surabaya yaitu PT Karunia Mandiri Consultant (jasa penyewaan/rental peralatan multimedia meliputi laptop/komputer, proyektor, Screen, printer, dan lain-lain) siap melayani kawan-kawan yang akan mengadakan acara-acara resmi seperti seminar, workshop, meeting, presentasi, dan acar-acara resmi lainnya. Kami sudah berpengalaman dibidangnya, jadi kawan-kawan jangan ragu buat kerja sama dengan kami. Oke kawan, terima kasih sudah mengunjungi blog kami yaaah...

2 komentar:

  1. sangat penting ni gan, jangan sampai sosial di salah gunakan. bisa gawat

    BalasHapus
  2. Wah… Terima kasih atas infonya, dengan begini saya bisa menjadi hati-hati lagi.

    Paket Internet

    BalasHapus