Kamis, 16 Oktober 2014

Perbedaan Antara Android Kitkat & Lolipop

Perbedaan Antara Android Kitkat & Lolipop, Android L, entah itu nanti mau jadi Lemper, Lontong, Luwak atau Lolipop, pastinya akan ditunggu semua pengguna Android yang sedang menunggu. Lha iya.. kalo yang nggak nunggu mestinya juga nggak terlalu ngeh sama update Android yang mengusung perubahan paling signifikan dalam sejarah perkembangan Android.

Hal yang paling kelihatan tentu adalah tampilannya, dan Android L membawa angin segar kepada para pengguna maupun pengembang aplikasi. Kali ini Google memperkenalkan Material Design, buat pengguna biasa seperti kita cuma berefek pada mata dan jari, tapi bagi para pengembang aplikasi ini adalah sesuatu yang sangat menggembirakan. :D

Baiklah, ini ada beberapa Screenshot dari Android KitKat dan Android L yang disandingkan biar keliatan perbedaannya. Desas desus nama sistem operasi terbaru Google Android 5.0 L semakin terang benderang. Lolipop akhirnya dipilih secara resmi oleh Google sebagai nama OS barunya, membenamkan dua kandidat lainnya yakni “Lemon Meringue” dan “Licorice".

Lantas seperti apa perbedaan antara Android 5.0 Lolipop dan 4.0 KitKat. Simak ulasan berikut ini seperti dikutip melalui Techradar, Kamis (16/10/2014).

Material Design
Perubahan yang paling jelas dari Android 5.0 Lolipop adalah pada tampilan visual. Google telah bekerja untuk mendapatkan  "Material Design" baru selama berbulan-bulan, yang diklaim memiliki nilai estetika tinggi. 

Android KitKat belum memenuhi standar material design tersebut. kerenanya, Google berharap material design  yang baru ini mampu menghapuskan rasa bersalah mereka. 

Tampilan yang estetis itu dapat dirasakan saat melihatnya dalam keadaan flat dan 3D. Material Design mereflesikannya tampilan itu dengan garis-garis tebal yang bersih. Selain itu warnanya juga mampu bertransformasi (berubah-ubah) dengan animasi  yang menyenangkan. 

Selain itu, yang paling terbaik adalah, pengguna dimungkinkan merasakan kedalaman dibekalang desain antaramuka (UI).  Tampilan yang menyenangkan itu juga diadopsi pada ikon aplikasi, font, dan interface untuk elemen yang sederhana seperti tombol navigasi baru dan ikon bar notifikasi. 

Perubahan tidak hanya terjadi pada aspek visual, tetapi juga menyentuh ranah lain seperti fitur perintah suara “OK Google”.

Nofifikasi
Pemberitahuan adalah salah satu yang dirombak habis-habisan oleh Google di Android 5.0 Lolipop. Tampilan notifikasi meminimalisasi lockscreen. 

Pengguna Android Lolipop dapat melihat pesan yang masuk secara langsung. Bahkan sebelum membuka kunci pada perangkat, pengguna bisa membalas pesan tersebut.

 Android Lolipop juga memiliki modus “do not disturb” seperti yang ada di iOS. Modus ini mengizinkan penggunanya mendapatkan pemberitahuan berdasarkan kontak yang dipilih, sehingga tidak akan mengganggu manakala ponsel terus berdengung dengan pemberihuan email atau pesan yang tidak diinginkan. 

Di Android KitKat, meski mode itu ada, tetapi belum optimal. Sehingga versi Android baru ini lebih ditingkatkan kemampuan mode tersebut.

Ada tambahan lagi nih kawan, yaaah promo sih, mengenai salah satu perusahaan ternama yang ada di Surabaya, PT Karunia Mandiri Consultant, perusahaan yang bergerak dibidang jasa sewa/rental peralatan multimedia (sewa laptop,komputer, TV Plasma, printer, proyektor, screen, dan lain-lain). Bagi kawan-kawan yang ngadain resmi kayak seminar, workshop, meeting, cocok nih jika bekerja sama dengan perusahaan ini. Top markotop pokoknya...hehehe. Sekian dari saya, terima kasih sudah mengunjunghi blog kam

5 komentar:

  1. Wah repot juga gan.. baru pakai hp android kitkat sudah ada lagi yang baru, Terimakasih sharenya yang bermanfaat, salam sukses

    BalasHapus
  2. Bintang Abadi Copy Center menawarkan jasa fotocopy , jasa fotocopy murah , jasa fotocopy murah jakarta timur dengan harga yang Bersaing, Cepat dan Bisa Antar Jemput…

    BalasHapus
  3. nice post gan...
    jngn lupa berkunjung ke http://yopiadi-smansaja.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas infonya, lumayan berguna untuk ilmu dan patut untuk diperkembangkan.

    Paket Game

    BalasHapus