Selasa, 14 Oktober 2014

Tips Memilih Antivirus Terbaik untuk Laptop/Komputer Anda

Ada banyak program anti virus yang ditawarkan sebagai perlindungan dari sistim komputer. Namun bagaimana cara memilih anti virus yang terbaik untuk perangkat komputer Anda?

Serangan virus pada PC adalah hal yang lumrah terjadi. Oleh sebab itu, memilih antivirus berkualitas sangatlah diperlukan. Tujuannya adalah untuk mencegah kerusakan yang lebih parah pada perangkat komputer. Virus bisa didapatkan dari mana saja, misalnya bertukar file lewat flash disk atau saat surfing di internet. Mencegah masuknya virus ke dalam komputer merupakan tugas dari antivirus. Kalaupun virus sudah masuk ke dalam komputer, antivirus masih bisa menghapusnya agar tidak semakin meluas di dalam sistem. Saat ini kita bisa dengan mudah menemukan antivirus, baik yang gratis maupun berbayar. Berikut Tips Memilih Antivirus Terbaik untuk Laptop/Komputer Anda :

Identifikasi Kebutuhan dan Kemampuan Laptop Anda
Sebelum memutuskan untuk memilih suatu merk anti virus, coba terlebih dahulu mengidentifikasikan kebutuhan kita akan sistem keamanan tersebut. Apakah kita ingin mencari anti virus saja, atau yang termasuk dengan firewall. Bisa juga untuk memilih yang memiliki gamer mode, atau ingin yang memiliki full proteksi termasuk email scanner, anti spam, anti malware dan sebagainya.

Namun dibalik identifikasi tersebut, kita harus memperhatikan kemampuan dari laptop atau komputer kita. Meski saya belum melakukan riset, tapi dari pengalaman yang sudah-sudah, ada beberapa anti virus yang membutuhkan resource besar. Jika spesifikasi laptop kurang mumpuni, anti virus tersebut justru memberatkan kinerja laptop. Hal ini dikarenakan untuk dapat terus melindungi komputer kita, anti virus harus selalu dalam kondisi ‘enable’ dan berjalan di background process yang memakan sejumlah memori. Semakin besar memori yang dikonsumsi, maka semakin terbebani pula laptop kita.

Pilih Anti Virus Dengan Kemampuan Deteksi Tinggi
Meski sama-sama memiliki nama sebagai anti virus, namun setiap merk biasanya memiliki kemampuan deteksi yang berbeda-beda. Hal ini tergantung dengan update database anti virus masing-masing merk. Selain itu, ada beberapa anti virus yang juga menerima masukan sample virus dari para user mereka, sehingga update database virus mereka dapat lebih cepat dibanding pesaingnya.

Untuk dapat mengetahui reputasi dan kemampuan deteksi rate detection, kita bisa mencari review dari web dan forum yang memang memiliki kapasitas untuk melakukan test keamanan. Ada beberapa blog yang juga dapat dijadikan referensi, karena pengalaman user juga bisa jadi pertimbangan penting.

Tentukan Batasan Harga Anti Virus
Nah, kalau ini kembali ke masing-masing personal saja. Anti virus sekarang bukan barang yang terlalu mahal lagi kok. Memang untuk harga masih di kisaran ratusan ribu, tapi kalau kita rajin browsing, kadang ada saja yang memberikan penawaran dan diskon spesial.

Untuk yang agak ‘nakal’, mungkin bisa saja dapat memperoleh anti virus premium dengan gratis. Caranya enggak usah saya jabarkan disini, enggak enak. Tapi kalau mau dapat perlindungan yang prima, ya tak ada salahnya keluar sedikit biaya. Data komputer kita lebih mahal loh dari itu
:D

Anti Virus Lokal Apa Bagus?
Nah, kalau untuk yang satu ini saya tidak akan men-judge, maklum saya bukan expert bidang IT. Namun dari pengalaman dan berbagi cerita dengan rekan-rekan, anti virus buatan lokal asli Indonesia juga sekarang ini cukup bagus. Meski kurang maksimal, namun dibanding dengan anti virus bermerek ternama, anti virus lokal lebih cepat mendeteksi virus yang juga buatan lokal. Coba saja ketika dulu heboh virus surat cinta atau virus lokal lainnya. Anti virus lokal itulah yang mengatasi hingga tuntas.

Ada tambahan lagi nih kawan, yaaah promo sih, mengenai salah satu perusahaan ternama yang ada di Surabaya, PT Karunia Mandiri Consultant, perusahaan yang bergerak dibidang jasa sewa/rental peralatan multimedia (sewa laptop,komputer, TV Plasma, printer, proyektor, screen, dan lain-lain). Nagi kawan-kawan yang ngadain resmi kayak seminar, workshop, meeting, cocok nih jika bekerja sama dengan perusahaan ini. Top markotop pokoknya...hehehe. Sekian dari saya, terima kasih sudah mengunjunghi blog kam

2 komentar: